Monday 25 August 2014

Cobaan Pertama Kali Nge-kos




Assalamu’alaikum….

Halooo… apa kabar semua? Baik? Lama nih gue gak nulis sesuatu di blog ini. soalnya gue punya banyak alasan buat gak nulis, misalnya:

1.Sibuk ngurus peralatan ospek

2.Malas

3.Malas

4.Malas, dst..

Yah begitulah pokoknya. Penyakit malas itu emang bagaikan pacar yang bau ketek. Kenapa bagai pacar yang bau ketek? Jangan Tanya ke gue, gue juga gak tau alasannya (gak lucu? Biarin…). Padahal dulu gue udah post tentang sifat malas ya. (-,-“)>

Oke stop basa-basinya.

Sekarang ini gue udah gak tinggal di jambi lagi, Alhamdulillah, tes SBMPTN kemaren gue lulus jurusan Ilmu Hukum di UNAND. Sekarang gue tinggal di kota padang tepatnya (mungkin) di kecamatan Pauh. Kota padang ini sepengamatan gue emang gak semaju kota jambi sih. Kayaknya disini emang tempatnya bagi orang yang pengen fokus belajar #halah. Pemandangan dikampus UNAND ini emang megah banget. Dikelilingi oleh bukit bukit nan hijan (kampusnya juga di atas bukit sih) bisa buat pikiran dingin dan membangkitkan keinginan belajar. Apalagi waktu hujan dan setelah hujan. Awannya rendah banget, pemandangannya gak bisa diungkapkan dengan kata-kata deh pokoknya.

Okeee…. Di post kali ini gue akan membahas pengalaman gue pertama kali nge-kos. Karna ini pengalaman pertama gue jauh dari orang tua, gue agak kelabakan ngatasinnya. Misalnya aja, gue dirumah gak pernah nyuci baju (kecuali celana dalam :v :v). Kalo di jambi, baju gue dicuciin ama Bibi gue. Alhasil, gue selalu nge-laundry tiap minggu. Itu Cuma salah satu contohnya sih. Berikut ini gue sebutin satu-satu lah apa aja yang menjadi cobaan orang yang pertama kali nge-kos. Okeeee…. Cekidot:


1 . tentang makanan
Gue ini orangnya gak bisa masak sedikit pun. Masakan paling mewah gue selama tinggal di jambi Cuma ‘mie with saute onion and cabbage’ (Indonesia-nya ‘mie tumis bawang pake kubis’) yang resepnya turun temurun diwariskan oleh keluarga kucing gue si Roku. Cuma gue dan kakak gue, yuni, yang tau resep ini selain keluarga besar kucing gue.

Karna gak bisa masak itulah, gue jadi boros banget. Tiap laper beli makan di rumah makan nasi padang. Duit jadi cepet abis. Beberapa hari ini gue mencoba mengatasi boros akibat sering makan nasi padang itu dengan minum energen. Soalnya di iklan, di sebutin “makanan penunda lapar”. Tapi gak barhasil, gue tetep laper. Rencananya gue mau ngusut penipuan ini ke pengadilan karna gue merasa ditipu (kan ceritanya anak hukum, wkwk :v). tunggu, omongan gue malah entah melenceng kemana-mana -_-.

Sebenernya, Karna keinginan buat irit, gue udah dibelikan kakak gue yang juga kuliah di padang (tepatnya UNP) kompor gas beserta gas LPG nya dari hari ke2 nge-kos. Tapi apa daya lah, masang selang ke tabungnya aja males, apalagi masaknya. (malas kembali menghampiri).

Lanjut yang kedua……

2 . tentang kangen dan rindu
Kangen? Pasti lah!! Sebagai anak yang jarang sekali jauh dari rumah, gue sering banget kangen dengan keluarga ama temen di Jambi. Waktu inget suasana rumah, temen, saudara, hati gue jadi mellow banget (maklum lah belum sampai sebulan disini). Apalagi semenjak berhenti kuliah di UNJA tahun kemarin, kegiatan gue rata-rata dirumah. Jadi udah terbiasa gue dengan suasana rumah (sebenernya sih waktu itu membosankan, tapi sekarang malah suasana bosan itu yang gue rindukan) (azzzz).

Selain rindu dengan rumah dan keluarga, gue juga rindu dengan temen-temen gue di desa nagasari. Semenjak beberapa bulan lalu, gue sering banget ngumpul-ngumpul ama rombongan pemain volley antar kampung desa gue. Mereka lumayan sering juara lah. Saking seringnya gue ngumpul ama mereka dan kadang-kadang jadi official mereka pas tanding, gue dikasih piala waktu mereka dapet juara 2 di salah satu turnamen yang mereka ikuti. Nih pialanya:
 kacau banget gue tuh, tengah malam cuy -_-

Selain dengan anak-anak di desa gue, gue juga sering ngumpul-ngumpul ama temen SMA gue. Terutama si Heri ama si Priak. Kami bertiga ini sering banget nge-band bareng. Si heri kadang memainkan drum tapi juga bisa vokalis, tapi bakat dia sebeneernya jadi kabelist (tukang gulung kabel). Kalo si Priak, dia posisinya di Gitar Rhytem, tapi kadang juga jadi stand mic. Kalo gue sendiri biasanya di Gitar, kadang Bass, kadang juga di Drum (seringnya jadi pick gitar). Ya begitulah, kangen gue dengan mereka-mereka yang berada di Jambi sana.

biarkan mereka bermesraan di depan gue



Yang selanjutnyaaaa…..

3 . tentang bahasa baru
Bahasa baru, benar sekali. Semua orang disini berbahasa minang. Sebenernya gue udah wanti-wanti soal bahasa minang semenjak di jambi. Gue udah belajar belajar sedikit. Tapi, semenjak gue tinggal disini, ternyata, bahasa minang itu lebih mengerikan (baca: susah diartikan) dari bahasa yunani (baca: bahasa jawa #gaknyambung). Setiap temen-temen ama senior ngajak bicara dengan bahasa minang, gue cuma bisa melongo, dan setelah mereka selesai bicara, baru gue bilang “maap, saya gak bisa bahasa minang”.

Tapi sebenernya belum bisa ngomong bahasa minang ada untungnya juga. Misalnya, pas Bakti (Ospek di UNAND namanya bakti) fakultas, gue gak ngerti yang para senior bagian komite disiplin teriakkan. Yang gue ngerti Cuma kata “Marunduak, marunduak” yang artinya menunduk. Selebihnya gue gak ngerti. Karna gue gak ngerti itu, gue gak sakit ati saat senior marah-marah ke gue memakai bahasa minang #keuntunganlangka. Alhamdulillah lah. (-,-“)>

Lanjuuuuut….

4 . penyesuaian diri
Nah ini nih yang agak susah. Penyesuaian diri ini yang buat gue agak kurang betah. Terutama penyesuaian fisik, suhu, ama batin. Penyesuaian fisik misalnya. Awal-awal gue disini, penyakit banyak muncul selama beberapa hari, nih lengkapnya:

Hari3-6: sakit gigi sebelah kiri
hari7-8: sembuh
hari 9-12 : sakit gigi sebelah kanan sekaligus sakit kepala
hari 13: sembuh
hari 14 : mencret (yang ini agak merepotkan) (maklum)
hari 15 – sekarang : belum ada (Alhamdulillah)

Emang lengkap banget penderitaan gue di awal-awal tinggal disini. Disini juga musim hujan sih, tiap sore selalu hujan. Jadi fisik gue harus lebih kuat kalo mau sehat terus. Kalo penyesuaian batin sih, Cuma karna kangen sama rumah lah (bzz bzzz bzzzz).


Yaaa, kayaknya itu aja dah. Jauh dari orang tua itu rasanya emang berat lah. tapi gue akan berusaha buat betah disini. Gue juga ingin membanggakan orang tua gue dan keluarga gue di jambi sana. Insya allah, gue akan rajin belajar disini.

Oke ini akhir dari post gue… insya allah gue bakal rajin nge-post di blog ini, kalo gue lupa, ingetin gue dong dengan mention akun twitter gue di @wahyupriyanto14. Maap kalo gue agak sedikit ngalay di situ.

Oh iya bagi kalian yang juga pengalaman pertama kali nge-kos, apa aja sih kalian rasakan? bisa di tulis di comment box dibawa ya, hehe.

Btw, masih marah ya, bil? Haha, nasib gue jadi jones
Wassalamu’alaikum…

42 comments:

  1. haha temen gue dulu ada yang kuliah di Unand di FMIPA
    katanya emg kampusnya luas yah?

    setelah baca cerita lo gan, gue juga anak rantauan dari Banten kuliah Di UNY yang doain minggu depan wisuda mau berpesan aja :
    "4 tahun adlah waktu yg cukup lama. bahkan membayangkan bisa melewatinya saja tak mampu. tetapi kini semua brubah. 4 tahun adlah waktu yg bgtu singkat. cukup singkat hingga tak banyak yg bisa ku ingat"

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh, selamat mas yang mau wisuda :D
      kampus unand emang lluar banget mas, 500 hektar luasnya -_-

      btw, kayaknya bener juga itu :) tapi kalo awal2 ini cuma ingat rumah terus mas, haha
      butuh penyesuaian lagi :)

      Delete
  2. Ciye maba nih ye. Saya juga maba, tapi pas tahun 2011.
    Ya begitulah ngekos, jalani dan nikmati aja. Untuk tahun terakhir kuliah saya ga ngekos lagi, jadi anak rumahan aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, sudah sua kali mas jadi maba, taun kmaren sudah jadi maba unja, sekarang maba unand... xD
      pengen sih jadi anak rumahan... tapi..... jauh..... haha :D

      Delete
  3. tgl 1-5 makannya di Mekdi, tgl 6-10 makan nasi padang, tgl 11-20 ketemu mie instan. sisanya alias menuju tgl 1, makan obat mag biar perihnya ilang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha realita anak kos, ya mbak
      tapi jangan sampai lh saya begitu, wkwk :v :v

      Delete
  4. Pengalaman anak kost emang kebanyakan gini, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak -,-
      kangen kampung halaman terus, haha

      Delete
  5. Semangat anak kos! MERDEKA!!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yak, semangat!!! ( '_')9
      doain cpet lulus juga yak, haha

      Delete
  6. Mungkin kendala yabg paling amat terasa bagi anak kost ya makan... makan dan makan

    . Semangat!!! Saran biar gak boros mending ngemil beras

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, malah tambah kuruh gue disini -_-

      ngemil beras biar greget ya? :| wkwk :v

      Delete
  7. ceritanya bagus banget gan heheh
    sabar yah jadi anak kos hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan, hehe :)
      anak kos emang selalu sabar kok, haha

      Delete

  8. Terimakasih atas artikel yang menarik ini

    ReplyDelete
  9. sungguh berungtungnya dirimu bisa masuk ke ptn...

    ReplyDelete
  10. jadi anak kos itu penuh perjuangan,,terima kasih banyak gan untuk infonya,,semoga bisa bermanfaat bagi kita semua

    ReplyDelete
  11. pengalaman yang unik yang anda sampaikan

    ReplyDelete
  12. rasanya ane mau nyobaan ngekos v ngekos dimana orang rumahnya sama bekerjanya ajah sama-sama di tasik..heheh

    ReplyDelete
  13. kayanya enak banget yah jadi anak kossan jadi pengen ngerasaain hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaaa setengah enak setengah enggak sih mas :|

      Delete
  14. biasanya cobaan jadi anak kost baru itu adalah kesepian dan takut,,heheh

    ReplyDelete
  15. Pertama kali ngekost, saya kangen masakan mama di rumah beda rasanya saat makan di warteg

    ReplyDelete
  16. pasti yg pertama soal makanan deh yg bikin repot,tpi ya disyukuri aja lama2 juga bisa beradaptasi,slmt ya udh masuk PTN,kereenn... smg lancar kuliah'y ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah bisa masuk PTN 2 kali mas :D
      sekarang udah bisa adaptasi sih :)

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Terimakasih pengalamannya, semoga saya diberi kelancaran dalam menghadapi sesuatu.

    ReplyDelete