Monday 8 December 2014

Tips Sebelum Menghadapi Ujian






Assalamu’alakum…

Halo semua? Apa kabar? Baik?

Lama gak nge-post sesuatu nih di blog ini. padahal beberapa bulan lalu udah janji ya mau rajin – rajin nge-post. Maklum lah ya, blogger karbitan.

Hari berganti hari, minggu berganti  minggu, dan bulan berganti bulan. Tak terasa sekarang sudah bulan desember. Semua orang sudah bersiap menyambut tahun baru dan……. Ujian (sengaja gue jelasin supaya lebih gimana gitu). Yap, mulai dari anak SD sampai anak kuliahan sedang menghadapi ujian saat ini. sebagian dari mereka emang sudah banyak yang mempersiapkan materi dan sudah mulai belajar jauh-jauh hari. Tapi kebanyakan juga dari mereka masih bingung mau ngapain sebelum ujian. Mau belajar, gak tau materinya apaan. Mau baca buku, bukunya udah dijual buat dijadiin bungkus cabe. (itu tadi curhat). Apalagi bagi para jomblo (kayak gue), mau belajar atau baca buku, gak ada  yang ngingetin. Kasian, ya.

Karena berbagai macam alasan diatas, gue berinisiatif buat post tentang ‘Tips sebelum menghadapi ujian’ ini. berbagai ahli dari beberapa negara (termasuk pakar rambut sunsilk) sudah gue libatkan dalam pembuatan post ini. soooo, jangan berlama-lama lagi, cekidot:


1.belajar

Belajar? Ya pastilah. Banyak hal-hal yang harus kita pelajari sebelum bertempur. Mulai dari mempelajari bahan-bahan kuliah sampai hal-hal yang lebih penting lainnya. Misalnya, belajar cara melihat kanan kiri. Hal ini juga gak kalah penting selain mempelajari bahan kuliah tadi. Kadang ada soal yang gak bisa kita kerjain sendiri, jadi mau gak mau kita harus berkolaborasi dengan orang-orang yang ada disekitar kita. (ngomong panjang lebar yang intinya ‘mencontek’)(haduh)(susah nih revolusi mental pak joko) -,-.

Kadang kita harus tau celah-celah sempit yang gak sengaja dikasih pengawas. Tapi ini ada resikonya, Salah gerak sedikit, bisa diambil lembar jawaban kita. Saat yang tepat itu misalnya, saat pengawas sedang melihat absen kelas yang dia awas. Nah, itu adalah salah satu celah mencontek yang bagus. Kalian liatin mata si pengawas, jika dia sudah fokus ngeliatin nama-nama yang ada di kertas absen, saat itu lah kalian harus beraksi.

Nah, beda lagi kalo ada pengawas yang susah. Misalnya dia selalu ngeliatin kalian. Jika kalian selalu diliatin dia dan gak punya celah untuk liat kanan kiri, tips gue Cuma satu, liatin balik pengawasnya sampai pengawasnya salah tingkah. (waktunya nyamain pengawas dengan gebetan). Nah, hal-hal itu aja yang harus kalian pelajari sebelum ujian ya.

Tapi gue ada kata-kata bijak nih-> ‘ingat, mencontek adalah awal dari korupsi’
(terus ngapain gue kasih tips yang tadi ya) (bodo amat)

Lanjuuut….

2.Berhenti ngelakuin hal yang sia-sia

Yap hal ini juga penting. Daripada kalian pergi karaoke, nonton, atau ke klub malam dan ngelakuin hal-hal yang gak penting dan akhirnya jadi sia-sia, lebih baik kalian belajar. Emang kadang ngelakuin kegiatan yang gak penting itu menyenangkan. Tapi gak akan ada hasil yang akan kalian dapat.

Sekedar curset (curahan sesat), Gue dulu pernah sih ngelakuin kegiatan yang gak penting, yaitu buat video stop motion buat gebetan  temen gue. Tapi ya gak dimaafin, malahan belum dia liat. (kasian, ya). Nih videonya:

Tapi Alhamdulillah, gue gak nyesel kok buatnya. Jadi gak sia-sia.

3.berdoa

Berdoa? Ya pastilah. Bagi muslim, kita harus meminta ridho allah sebelum kita mengerjakan ujian. Dan bagi yang non muslim, tetep harus berdoa juga. Minta juga doa dari orang-orang disekitar kita. Terutama dari orang tua, keluarga, dan juga teman-teman.

Selain itu, berdoa juga semoga pengawas yang masuk baik hati. (yaelah)


Itu aja sih, kalau kalian masih kurang, nih ada juga tips-tips yang gue dapat dari akun media informasi tempat gue kuliah yaitu Unand:







Mungkin adminnya lagi lapar ya…..

Oke itu aja tips-tips gak penting dari gue. Sebelumnya gue minta maaf ya kalau ada kata-kata gue yang salah. Oh iya, kalo kalian ada juga tips sebelum menghadapi ujian yang gokil-gokil, boleh kok di post di comment box dibawah. Sekalian bisa bagi-bagi gitu.

Oke, sekian dari saya, terima kasih telah membaca tulisan yang gak penting ini. gue harap kalian gak kena muntaber selepas membaca tulisan ini. oh iya, doain gue ya supaya ujian gue lancar dan IP diatas 3,5 (hehe).

Wassalamu’alaikum

26 comments:

  1. wKAKAKA..stopmotionya yg ambil foto siapa?sendiri yaa? OWWh hebat berarti
    sugatangguh.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Nah yang nomer 3 tuh yang sering kelupaan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sampe lupa lah mas, itu yang paling penting lho -_-

      Delete
  3. kurang di tambahkan tips kotornya, seperti belajar nyontek, membuat contekan yang baik dan benar...
    bukan ngajarin, tp siapa tahu bisa buat ketawa :v :peace

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya pengen sih nambahin tips yang itu, tapi gara2 masukin video stop motion nyaa, jadi Bad mood gimana gitu -__- mellowwww

      Delete
  4. Tips nya emang bener banget, belajar. tapi buat antisipasi bisa belajar....mencontek gitu haha

    Baru pertama kali kesini, salam kenal ya bro wahyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga :) terima kasih telah berkunjung :D

      Delete
  5. kira-kira ada tips- tips yang lebuh kotor lag dari ini gak..hehehe

    ReplyDelete
  6. bener nih adminnya lagi laper hehe

    ReplyDelete
  7. kalo tip untuk menghadapi remidialnya ada gak,,hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada mas, kalo remidial terima nasib ajaa.... haha :v

      Delete
  8. kirain itu vieo tentang contekan tetapi percintaannn,,aduhh

    ReplyDelete
  9. ada tips yang lebih picik lagi gah

    ReplyDelete
  10. ada - ada aja tuh tipsnya,,hahaha

    ReplyDelete
  11. di sma tidak akan ramai tanpa adanya cinta,,heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa masalahnya kisah cinta gue waktu di SMA tragis, wkwk :v

      Delete
  12. ada yang lebih picik lagi gak itu caranya, supaya bnisa mendapatkan nilai besdar,,hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ingat dosa loh mas, ingat anak istri dirumah mu, wkwk :v

      Delete