Wednesday, 3 July 2013

Arti suporter yang sebenarnya


Hai para sobat – sobat pencinta bola di Indonesia dan dunia. apa kabar nih bentar lagi bulan puasa, udah siap belum? Kita harus siapin mental ama naikin keimanan kita. Oh iya ini kan khusus info bola ya -__-.

tapi Kali ini gue lagi gak posting tentang berita berita bola atau berita transfer nih.

Ngomong – ngomong soal bola nih kita gak bisa lepas dari para supporter yang selalu setia mendukung timnya. Mereka adalah pemain ke 12 di setiap pertandingan karna dapat mengangkat mental tim di kandangnya masing – masing. Liat nih salah satu supporter di dunia yang mendukung timnya:

Setiap klub sepakbola pasti memiliki supporter. Misal Barcelona yang memiliki suporter yang bernama barcelonista, real Madrid yang bernama madridista. Klub – klub Indonesia juga gak mau kalah lho. Missal aremania yaitu nama suporte arema indonesia, bobotoh dan Viking yaitu fans dari persib bandung. ngomong – ngomong kalian supporter mana ni?

Tapi akhir – akhir ini para suporter tidak tau apa arti dari suporter itu sendiri. Mereka menjadi fanatisme buta yang menganggap semua musuhnya adalah lawan. Misal kejadian baru – baru ini yaitu fans persija Jakarta yang melempari bus para pemain persib bandung saat mau menuju ke lapangan pertandingan. Akibatnya, pertandingan pun ditunda dilaksanakan akibat faktor keamanan. Apakah ini adalah prilaku fans yang  baik? Bagi gue ini lebih buruk dari sampah. Hm, mungkin para temen pencinta bola yang ngebaca posting ini nggak ya.
Gue pernah ditanya gini nih ama saudara gue :

“eh yu, lo fans apa?” Tanya dia.
“aku fans Barcelona lh.” Jawabku
“berarti kau musuhan ya ama gatot, dia kan fans Madrid?” tanyanya lagi
“gak kok, kami kan sama sama pencinta bola” jawabku.

Ini nih seharusnya sikap kalian kalo ditanya gitu. Walaupun kita berbeda aliran, tapi kita tetap satu. Bukan fanatisme buta.

Seharusnya kita ini malu jika kita bersikap buruk. Ini menentang lho dari kepribadian bangsa kita yang bersatu. Coba kita liat fans – fans sepak bola di luar negri. Mereka mana ada yang bersikap begitu. Missal, tau kan El Clasico? Itu derby terpanas lho tapi mereka mana ada yang bersikap anarki begitu. Biarpun pertandingan mereka selalu menegangkan dan selalu penuh kontroversi, tapi gak ada tuh sampe bertindak anarki gitu.

Menurut gue nih, sebaiknya berhenti bersikap anarki gitu. Gak ada gunanya juga kan kita gitu? Kita juga gak bakal kaya kalo bersikap gitu. Jadi walaupun rivalitas selalu ada, tapi kita harus tetap bersikap baik. Terima kekalahan dan mengakui siapa yang menang.

Ingat ya perbedaan itu baik, tapi jangan hanya karna perbedaan kita menjadi terpecah belah.
Oke, semoga posting-an ini bisa membuat para pembaca tau apa itu arti suporter. Jangan menjadi fanatisme buta ya. Persatuan itu bagus lho
.
Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat bagi teman teman dan selamat menunaikan ibadah puasa ya beberapa hari lagi pagi para muslim.
Wassalamu’alaikum Wr Wb :)

Posting by : @wahyupriyanto14
what do you fell?:

0 omongan:

Post a Comment