Friday 10 January 2014

pengalaman 2013, semangat 2014



Assalamu’alaikum :)

Tahun ini adalah tahun 2014. Menurut gue tahun ini adalah tahun yang baru dan pastinya semangat baru. Ada banyak rencana gue tahun ini, salah satu nya adalah soal kuliah. Stop tentang rencana tahun ini. Kali ini gue mau flash back dulu di tahun 2013 kemarin. Emang sih sudah telat buat pos beginian, yah tapi gimana lagi, daripada nggak :). (lumayan membosankan nih kayaknya)

Di tahun 2013 kemarin sebenernya terasa seperti tahun kegagalan buat gue. Soalnya, mulai dari sekolah sampai ke persahabatan pada kacau semua. Gue serasa sudah masuk ke zona degredasi kalo dalam hal sepakbola.
Mulai dari masalah sekolah

Tahun kemarin adalah tahun – tahun terakhir gue di bangku sekolah dan juga merupakan tahun – tahun paling nakal gue di sekolah. Sebelumnya, Boleh di bilang gue ini adalah anak yang rajin di sekolah, selalu masuk kelas, dan jarang terlambat. Tapi entah kenapa pas kelas 3 kmarin gue agak berubah. Mulai dari malas masuk sekolah, sering bolos dan paling sering terlambat ke sekolah. Akibatnya ya nilai gue dan ranking gue pas kelas 3 agak merosot. Hampir gue keluar dari 10 besar pas kelas 3. Coba aja bandingin waktu gue kelas 1, gue 2 kali dapat ranking 4. Kayaknya jaman gue SMA pribahasa ini cocok “sukses belajar dulu baru nakal” -_-.


Masa sulit di SMA ini memuncak pas mau ujian nasional. Sebenernya gue terlalu menyepelekan Ujian Nasional. karna tahun itu kelulusan tidak seratus persen bergantung pada hasil UN (begitu yang disampaikan kemendikbud). Apalagi waktu itu di sebelah rumah gue lagi ngadain turnamen volley antar kampung. Yah, mau nggak mau gue harus bantu panitianya karna rata – rata semuanya temen gue. Sepanjang malam di minggu – minggu krusial itu gue jarang banget belajar. Boleh dikata, hamper gak pernah.

Dan akhir dari kemalasan gue di SMA itu berimbas pada nilai UN gue yang kurang memuaskan (tapi Alhamdulillah lulus). Bayangin, pelajaran matematika gue Cuma dapet nilai 5,50. Gue kecewa berat karna matematika itu adalah pelajaran favorit gue dari SD (ini mungkin frasa sebab akibat -_-). Dan puncak dari kemalasan gue itu, pada saat pengumuman seleksi SNMPTN jalur undangan, gue “GAK LULUS”. Itu cukup buet gue frustasi. Apalagi gue sudah sangat mengharapkannya.

Kemudian tentang persahabatan gue

Gue punya beberapa orang sahabat yang sangat dekat, bahkan gue kira dulu lebih dekat daripada persahabatan spongebob dan Patrick. Tapi apa daya lah, persahabatan yang buat gue bahagia selama ini, harus kandas karna ke-egoisan gue. Gue sebenernya sedih sin. Mau balik lagi kesana, tapi gengsi kayaknya lebih menguasai saat ini. Gue pengen banget baikan sama mereka dan bercanda tawa kayak dulu lagi. Ah, sudahlah tentang ini.

Dan terakhir tentang kuliah gue.

 Tahun lalu adalah masa kelam bagi dunia pendidikan gue. Mulai dari nilai gue yang anjlok sampai ke masalah kuliah gue. Yap, gue waktu itu kuliah di universitas jambi (UNJA) tepatnya di jurusan agroekoteknologi fakultas pertanian. Jujur, gue sebenernya terpaksa untuk ngambil jurusan ini. Karna buat ngindarin cemoohan temen gue karna gak bersyukur.

Tapi karna saat itu gue kurang nyaman dan kurang semangat menjalani aktivitas kuliah, akhirnya gue memberanikan diri dan membulatkan tekad untuk berhenti kuliah. Gue bicara ama ortu gue, dan akhirnya mereka memakluminya. Gue hanya bisa berdoa semoga keputusan gue ini tepat buat masa depan gue. Sebenernya sih agak berat buat ninggalin temen – temen baru di UNJA. Tapi mau gimana lagi, kadang pengorbanan itu diperlukan. Walaupun perasaan yang dikorbankan. Gue sempat berpikir bahwa hidup itu lebih rumit dari pada yang kita bayangkan.

Dan pada akhir tulisan ini, gue Cuma berharap, di tahun 2014 ini kisah hidup gue bisa menjadi lebih indah dibanding tahun – tahun sebelumnya. Gue yakin, pengalaman tahun lalu bisa buat gue bisa lebih dewasa dalam berpikir, dan juga bisa menjadi pelajaran yang baik. Gue juga yakin pengalaman itu adalah guru yang terbaik di dalam hidup ini. Dengan harapan ini, gue siap menjalani hidup yang lebih baru.

Thanks for visiting my blog, silahkan jika ingin menyampaikan sesuatu boleh coret – coret komentar dibawah. Terima kasih :)
By the way, gue punya gambar nih buat refresing mata :)

Wassalamu’alaikum

9 comments:

  1. Gue juga kayaknya kls 3 SMA berada pada puncaknya kenakalan. Hehee :D

    ReplyDelete
  2. kadang memang keputusan yang kita ambil itu menyakitkan itu berat tapi, itu lebih baik dari pada kita terombang ambing.. setidaknya kita sudah berani memilih :) keep spirit yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan semoga saja keputusan yang saya ambil ini tepat
      terima ksih mbak :)

      Delete
  3. Bro, sayang banget ninggalin sahabat yang udah deket banget. Mendingan balikan deh daripada nyesel nantinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tya mas, pengen sih, tapi kayaknya gengsi paling menguasai saati ini :(
      galau gara2 itu :(

      Delete
  4. iih sama banget kaya saya mas , saya juga gitu kalo udah sukses belajar baru nakal ,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal jangan nakal dulu baru sukses mas, soalnya kalo sudah nakal itu sifatnya tetap dan susah dihilangkan :)

      Delete