Sunday 4 May 2014

Kuliah dan Wisuda

sumber gambar ini: http://maritsaniswah.files.wordpress.com


“Tiiiin tiiiin””cepetan ma”
“iya pak bentar, nyari sandal mama sebelahnya hilang”
“bentar lagi telat lho ma”
“iya pak, sabar”

Gue masih inget banget waktu bapak sama mama mau pergi ke acara wisuda mbak gue yang pertama. Kakak gue yang pertama bernama murianti. menurut gue, arti nama itu adalah seseorang yang galak namun baik hati. Yap, bener banget. Kakak gue yang satu ini galaknya bukan main. Mungkin, ibunya nobita kalah galak sama kakak gue yang satu ini. Makanya gue selalu siap – siap lari kalo dia mulai marah.

Waktu itu tahun 2003, umur gue masih 7 tahun. gue punya 5 orang kakak yang semuanya perempuan. Gak kebayang gimana berisiknya saat semua kakak gue mampir kerumah. Bahkan mungkin stadion Gelora Bung Kano kalah berisik sama isi rumah gue. Oleh sebab itu, gue selalu nyiapin kain buat nutupin telinga gue yang ditempel pake lem aibon. Gue adalah anak keenam dairi enam bersaudara, dan gue adalah satu – satunya anak cowok di rumah ini. Tapi bukan berarti gue kayak pangeran di rumah ini.

Mbak gue yang murianti ini, mungkin  termasuk mbak gue yang palng pinter. Dimasa SMA nya dulu, dia paling sering mendapatkan juara umum. Beda sama gue, jangankan juara umum, 3 besar dikelas aja gue belum pernah. Gue pernah nanya gini pas waktu masih 5 tahun ke mbak gue:

“mbak, aku boleh nanya gak?”
“nanya apa yu?”
“Resep pintar tu apasih, mbak?”
“resep pintar itu kamu harus sering makan – makanan yang hijau atau yang sehat, kayak rumput yang di depan rumah”
“ooh, gitu ya mbak. Besok aku coba ah”

Karna waktu itu gue kelewat polos, Besoknya gue coba deh makan rumput didepan rumah gue. Yap, mbak gue yang satu ini paling seneng ngerjain gue waktu kecil.

Bapak gue sudah gak sabar buat menghadiri acara wisuda si mbak gue yang pertama. Maklum, soalnya bapak sama mama gue belum pernah menghadiri acara begituan. Dan juga, karna wisuda mbak gue yang pertama itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi bapak gue setelah puas di gunjingin orang bahwa nguliahin (baca: mengkuliahkan) itu gak ada gunanya. Emang, waktu itu, daerah rumah gue ini termasuk daerah pedesaan. Orang disini gak peduli sama yang namanya pendidikan. Mereka rata – rata Cuma menyekolahkan anaknya di sekolah dasar. Setelah itu, mereka suruh deh anak mereka untuk ikut bertani karet di kebun milik mereka. memang masih sempit jalan pikirannya. Berbeda sama bapak gue. Dia selalu berusaha untuk menyekolahkan anaknya setinggi mungkin, supaya, kami bisa mendapat nasib yang lebih baik dari dirinya.

Bapak gue adalah seseorang yang baru sedikit mengenyam pendidikan. Bahkan SD saja tidak tamat. Kerjaan beliau waktu itu Cuma dagang es cendol. Meskipun penghasilannya kecil, tapi beliau tetap berusaha untuk menyekolahkan keenam anaknya. tapi alhamdulillah, sekarang bokap gue udah punya usaha toko sembako sama jualan sembako di pasar. cukup lah buat biaya kuliah kami ber-enam.

Waktu itu gue belum tau apa itu wisuda. Gue emang masih polos banget. Pernah, waktu itu pas gue ikut mama gue belanja ke kota, gue baca lowongan pekerjaan yang salah satu syaratnya adalah pendidikan minimal S1. Karna gue kira S1 itu adalah SD, S2 adalah SMP dan S3 adalah SMA, gue bilang deh ke mama gue:

“ma, ini ada lowongan kerja lho, syaratnya S1. Mama S1 kan? “
“ya ampun, wahyu. Mama ini Cuma tamatan SD, mana bisa kerja di situ. Syarat minimalnya aja pendidikan S1”
“lho? Bukannya S1 itu SD, ma?”
“ya ampun, bukanlah”
“aku kira iya, ma”
“kamu ini anak mama apa bukan sih, gitu aja masak gak tau”
Yah, itu lah gue waktu kecil, kelewat polos.

Karna gue penasaran apa itu wisuda, gue pun minta ikut buat ngeliat mbak gue. Tapi gak boleh, soalnya, yang boleh masuk Cuma orang tuanya saja. Saudaranya gak boleh masuk. Mau gak mau, gue ditinggal mama sama bapak gue di rumah sama 4 kakak gue lainnya. #nasib

Singkatnya, waktu sore, bapak, mama, sama mbak gue pun akhirnya pulang. Mereka waktu itu bawa makanan sama foto – foto pas saat wisuda. Bapak gue kelihatan seneng banget pas masuk ke rumah. Yap, mungkin ini sebagai pembuktian kepada orang – orang disekitar rumah gue yang pada ngeremehin kalo bapak gue gak bisa bayar uang kuliah anaknya.

Perhatian gue waktu itu hanya tertuju pada foto – foto pas wisuda mbak gue. Waktu itu gue nanya topi yang di pake mbak gue pas wisuda:

Sambil nunjuk foto gue nanya “ini topi apa, mbak?”
“itu namanya toga, kalo orang wisuda pasti pake itu” kata mbak gue
dengan tatapan penuh kagum gue bilang “keren juga ya, mbak”
“iya dong, soalnya mbak yang make, hahaha” kata dia
“yaelah…….”

Setelah gue ngeliat foto – foto itu. Gue jadi penasaran tentang wisuda dan mahasiswa. Naluri gue waktu kecil, yaitu selalu ingin tau lebih tentang semua hal yang bikin gue penasaran. gue langsung banyak bertanya ke mbak gue. Tapi pertanyaan gue berhenti pas kakak gue jawab gini:

“udah banyak amat nanyanya. Besok deh kamu ngerasain sendiri gimana rasanya menjadi mahasiswa dan ngerasain gimana sensasi wisuda”

Walaupun gue masih kecil dan bahkan belum bisa ngambil baju diatas lemari, Gue sangat ingin menjadi seorang mahasiswa yang bisa membanggakan kedua orang tua gue, kayak kakak gue waktu itu. Gue ingin lihat betapa senangnya orang tua gue kalo ngeliat gue bisa kuliah. Sekarang, mbak gue sudah menjadi seorang guru di sebuah sekolah gak jauh dari rumahnya yang sekarang. Dan itu juga membuat orang tua gue bangga, karna bisa membuat anaknya menjadi seorang PNS dengan tes murni.


Bingung kenapa gue buat cerita masa lalu gue? Yaaa, gue akhir – akhir ini lagi galau mau kuliah dimana dan jadi malas kuliah. Setidaknya dengan cerita ini, gue bisa kembali semangat buat mulai kuliah dari awal lagi besok. Amiiiin. Hehe.

eh, btw, maaf ya gue jaaaraaang banget nge post akhir akhir ini. maklum, lagi banyak pikiran -__-. Gue juga punya foto nih 3 kakak gue yang sudah wisuda, si dewi sama cici juga mau wisuda tahun ini (tinggal gue yang belum #nasib)
juga ucapan bela sungkawa terhadap Tito Vilanova :'( (padahal udah telat)



Wassalamu’alaikum…..

20 comments:

  1. Insya Allah tahun depan bisa wisuda, tapi ditelat-telatin ah buat menekan angka pengangguran.
    #TitoVilanova #Respect

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, selamat mas :) semoga cpet dapat kerja deh, amin :D

      Delete
  2. Iya.. Kita harus ingat perjuangan orang tua untuk pendidikan. Gua juga anak kampung, orang tua gua cuman punya kedai pisang goreng dulu, tapi sekarang udah punya kebun sawit dan gua bisa bisa kuliah.

    Nice post.

    ReplyDelete
  3. Wisuda itu penting...tapi kalau bisa berkreasi sebelum sarjana itu keren. enterpreneur kan gak butuh ijasah. semangaaatt
    :D

    ReplyDelete
  4. lucu.. makan rumput,, supaya pintar
    berarti sapi itu pintar dong..
    haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga ya -_-
      untung aja makan rumput gak bikin pintar, kalo bisa bikin pintar, bisa2 gantian manusia yang di jadiin Qurban dong o_O

      Delete
  5. Semangat (y) postingan bagus.

    Mampir + komen balik postingaku
    > http://ekienglandmuse.blogspot.com/2014/05/dear-kamu.html < itu yaaaaa :)

    ReplyDelete
  6. Saya terkadang mikir. Kalau semua orang desa kuliah semua, bisa-bisa nanti ga ada yang mau tinggal di desa. Semua pada ke kota mencari pekerjaan yg lebih baik dari di desa. Alhasil, nanti kebun-kebun karet siapa yang bakal ngurus ya?

    Jadi saya mikir. Apa ada sarjana yang masih mau bertani karet? Pastinya klo sarjana makmur punya perkebunan karet, pasti mempekerjakan buruh yang kesejahterannya berada di level terbawah.

    Jadi, menurut saya selamanya tetap bakal ada para petani karet yang mungkin tidak perlu keahlian khusus setara sarjana, karena sarjana bisa makmur dengan mengandalkan mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, saya seneng nih mas nya pemikirannya bagus banget >_<
      terima kasih telah berkunjung :)

      Delete
  7. aaah..balada kuliah dan wisuda... ayo semangat yaa :)
    btw visit blog aku ya http://mutheas.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Dari sini gue melihat bahwa keinginan seseorang buat kuliah itu ternyata juga bisa termotivasi dari orang disekitar mereka yang kuliah.
    Sayangnya kakak gue gak kuliah.
    tapi meski begitu, gue tetap aja pengen kuliah. gue berharap gue dapat beasiswa seperti yang udah gue tulis di postingan gue kamarin :

    http://nafarinm.blogspot.com/2014/03/mohon-doa-agar-sukses-uas-dan-un-2014.html

    Salam kenal..



    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, emangat terus mas :)
      salam kenal juga :)

      Delete