Wednesday 5 March 2014

Tentang Sifat Malas


Assalamu’alaikum…
Suatu hari, ada seseorang yang bernama mudan. Mudan ini orangnya tampan da selalu tampak keren di depan wanita. Apalagi saat dia ngupil, wanita – wanita di sekitarnya pada bersorak – sorak mencari perhatiannya. Apalagi saat dia kentut, para wanita itu langsung terlena dan sampai pingsan, bukan, bukan karna kerennya, tapi karna baunya berlebihan.

Kekurangan si madun ini Cuma satu, yaitu pemalas. Dia malas melakukan hal – hal sepele seperti malas cebok setelah buang air besar. Kebiasaannya ini dia anggap wajar karna hal itu terlalu membuang – buang waktu.

Karna kemalasannya yang satu itu, dia menjadi sangat bau kopet (pup). Mulai saat itu, para wanita – wanita yang dulu tergila – gila karna ketampanannya, mulai menjauh karna bau pup-nya. Saat si mudan lewat di depan mereka, tidak ada lagi kata “wah, cowok ganteng lewat.. cihuy .. cihuy..” melainkan mereka risih saat si madun lewat. Seperti saat percakapan berikut ini:

*saat di mudan lewat*
“eh, ris, itu si mudan kok bau pup ya sekarang?”
“nggak tau juga tuh, bau banget, kayaknya dia gak pernah cebok deh kalo lepas pup”
“iya tuh kayaknya, bau banget, pergi yuuks”
“ayuks..”

Begitulah hinanya sekarang si madun, dia menjadi jomblo yang ngenes (jones) Cuma gara – gara kemalasannya itu.


Setelah beberapa tahun, dia pun sadar dan merasa kesepian tanpa di temani seorang wanita yang mencintainya itu. Dia pun akhirnya mencoba untuk cebok setelah pup. Tapi itu sudah terlambat. Umur dia sekarang sudah hampir 50 tahun. Ketampanannya tidak seperti dahulu, fisiknya tak sebagus dahulu. Sudah tidak ada lagi wanita yang meliriknya. Dia pun menjadi jones untuk selamanya.

Entah kenapa gue nulis cerita gituan, tapi tiba – tiba gue kepingin nulis tulisan begituan. Hina banget….

So, gue kepikiran nulis ginian karna akhir – akhir ini, gue, males banget buat nulis postingan di blog ini. maklum, nasib blogger kacangan. Malas? Apa yang lo pikirin saat denger kata malas? Kalo gue sih Cuma satu. Yaitu “sifat buruk”. Malas ini sudah gue anggap penyakit yang saaangaaat susah buat di ilangin. Mulai dari malas belajar, malas olahraga, sampai malas cari pacar. Tapi tenang, gue selalu cebok setelah pup.

Gue punya beberapa dampak – dampat dari malas tersebut. Mulai dari:

1 . Madesu (masa depan suram)
Seperti cerita si mudan tadi, masa depan kita bisa jadi suram karna sifat malas ini. bayangin nih ya, misalnya lo malas belajar lepas tamat SMA, maka pas lo tes SBMPTN lo jadi gak lulus di prodi pilihan lo untuk kuliah, karna lo gak lulus di prodi pilihan lo, lo harus kuliah di prodi cadangan lo, lo jadi malas kuliah, jadi mahasiswa paling lama, sudah lebih dari 8 tahun lo kuliah dan gak lulus – lulus, lo di DO, karna lo di DO, ortu lo jadi kecewa, karna itu lo jadi frustasi dan bisa aja bunuh diri (sumpah, panjang banget dan …berlebihan… )

2 . susah dapat pacar
Siapa sih orang yang mau pacaran ama orang yang pemalas? Bangun jam 3 sore, tidur jam 12 malam, mandi jam 9 malam. Gue yakin orang yang pacaran ama orang gituan lagi kena virus “cinta buta”. Buat cowok, cewek mana mau ama cowok yang pemales gitu. Begitu pun cewek, cowok mana mau ama cewek yang pemalas. Btw, gue jomblo lho, tapi bukan berarti gue pemalas ya.
Sebenernya sih masih banyak lagi kerugian dari sifat malas ini, tapi kalo ditulis, butuh 7 hari 7 malam baru siap. Gue yakin lo juga gak mau baca kelewat banyak. Buat kalian yang sedang punya penyakit “malas” ini (kayak gue) karna takut gak punya pacar atau takut masa depan jadi suram, gue punya beberapa pemikiran dan tujuan supaya bisa ngilangin rasa malas. tenang, ini bukan troll kok, boleh dicoba:

1 . ingat kepada tuhan yang benci orang pemalas
Ini nih udah pasti, tuhan itu benci orang – orang yang pemalas, jadi misalnya lo orang yang pemalas, ingat aja ama tuhan. Ingat, tuhan itu gak mungkin PHP, dia pasti mengabulkan doa atas usaha bagi orang orang yang rajin, bukan yang malas. Nabi Muhammad SAW pernah bilang “beribadah lah seakan kau akan mati besok, dan bekerja lah seakan kau akan hidup selamanya”. Jadi jangan Cuma berdoa aja dan lo jadi malas buat bekerja, dan jangan Cuma bekerja aja tanpa berdoa.

2 . bertekad membanggakan orang tua
Ini sebenernya yang pengen gue buktikan. Gue pingin ngebuat ortu gue bangga atas kesuksesan gue. Oleh karna itu, gue harus menghilangkan sifat malas gue ini untuk mengejar itu. Apalagi tahun ini gue harus siap – siap buat tes masuk perguruan tinggi. Jadi, gue harus lebih rajin belajar lagi dan harus bisa erusaha semaksimal mungkin.

3 . percaya kesuksesan
Kita harus percaya akan adanya “kesuksesan” itu. Oleh karena itu, hilangkan lah sifat malas itu. Bila kita selalu pesimis terhadap kesuksesan itu, kita gak bakal bisa ngilangin sifat malas. Kalo kita gak percaya itu, pasti dipikiran kita Cuma ada pikiran ini “buat apa kerja rajin – rajin, sukses aja belum tentu, modal segini mau sukses, mustahil”. Ingat bung, sukses itu bisa berawal dari mana aja. Ingat juga bahwa kesuksesan itu pasti datang pada waktunya.

Jadi, kesimpulan dari tulisan ini, sifat malas ini memanglah sifat buruk yang saaaangaaat susah di hilangin. Tapi, apa salahnya mencoba berusaha buat ngilanginnya. Memang banyak rintangannya, buat menghilangkan rasa malas, kita juga harus melawan rasa malas diatas rasa malas yang pertama tadi.

Kayak kata gue diatas tadi, kita ini harus punya tekad / niat yang kuat buat ngilangin rasa malas ini. ingat, semua pekerjaan tanpa niat itu bakal sia sia. Tentuin juga lo berusaha ngilangin rasa malas lo itu buat ngejar target apa. Misalnya buat ngejar target sukses di bidang menulis. Maka, lo harus rajin – rajin nulis dan jangan malas (ngomong sama diri sendiri).

Jujur gue gak ngerti dari tadi gue ngomong apa, ngalor ngidul gak elas dari tadi. Tapi gue berharap, tulisan gue ini bisa berguna bagi lo semua. Bisa buat menjadi penyemangat baru, atau, bisa juga menjadi obat muntaber juga.

So, jika lo punya hal yang ingin lo omongin, silahkan coret – coret coment box gue ya, gue tunggu lho, bakal gue balas semua lho *gaya kaya artis*

Eh kmaren gue liat di iklan ada kata – kata gini:
“terkadang, untuk mendapatkan semuanya, kita harus melepas segalanya.”

dan, terakhir, ekspresi gue saat di jauhin gebetan gue dari ranah minang (rencana curhat -_-):


Wassalamu’alaikum…

11 comments:

  1. *makjlebsyalalala*

    Mandi deh....langsung selesaikan rutinitas
    :D

    ReplyDelete
  2. Ya, semangat! *tidak boleh malas*

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, harus semangat terus pokoknya :)

      Delete
  3. sip mas labgsung ke TKP, terima kasih telah berkunjung :)

    ReplyDelete
  4. nice info gan, oh ya jangan lupa untuk kunjungan balik dan koment balik ya http://ane-aldi.blogspot.com/2014/03/tempat-magang-dengan-gaji-besar.html

    ReplyDelete
  5. hehe, endingnya jleb banget. sebenernya males itu soal rasa. dan itu kita sendiri bisa nentuin kok. :D yang penting semangat aja netapin tujuan hidup, abis itu kejar deh target hidupnya. kalo pengen sukses, suksesnya di bidang apa, kapan mau suksesnya, dikasih deadline. biar ga leyeh2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget tuh :D
      sekarang sudah buat deadline, tapi saya tetep nunda2 nih buat ngejalaninnya :( soalnya belum punya penyemangat, kayak pacar gitu :|
      thanks for viisiting, hehe :)

      Delete
  6. males adalah sebuah penyakit yang gak ada obatnya tapi bisa diobati.. semangat lah.. sukses buat kita semua :D BW dari >> http://www.info-kitaku.blogspot.com/

    ReplyDelete